LPJ Pengurus INFID 2014 – 2017



Pengantar

Periode 2014 - 2017 telah sampai di penghujung periode kepengurusan dengan perjalanan tiga (3) tahun yang dinamis baik secara internal maupun eksternal organisasi INFID. Secara internal sangat dipengaruhi oleh pemikiran-pemikiran untuk memperkuat sumber daya organisasi dan dari sisi eksternal, kepengurusan ini di awali dengan pergantian Presiden dan Wakil Presiden yang telah memberikan pengaruh terhadap dinamika atas berbagai isu di Indonesia.

Merespon dinamika tersebut, secara keorganisasian INFID telah membuat keputusan yang tepat bahwa ada satu isu utama yang menaungi kerja isu-isu strategis dengan didukung penguatan kerja komunikasi publik. Isu utama yang dimaksud adalah SDGs/ Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang menaungi atas tiga (3) isu strategies yakni Tata Kelola Pelaksanaan dan Pencapaian SDGs yang partisipatif, Penurunan Ketimpangan, Hak Asasi Manusia dan Demokrasi. Pada aspek penguatan komunikasi publik, diseminasi informasi dan komunikasi tidak lagi hanya ditempatkan di ruang-ruang konferensi, seminar dan lokakarya, tetapi juga secara aktif memanfaatkan media massa dan sosial media.

Kerja-kerja organisasi tiga tahun ini telah menunjukkan pencapaian yang menggembirakan sebagaimana dapat dibaca dalam laporan tahunan yang dikeluarkan secara berkala dan di dalam laporan pertanggungjawaban ini. Pembelajaran penting dibalik pencapaian ini: (1) Konsisten terlibat dalam debat dan diskursus perumusan kebijakan pemerintah, (2) Penguatan argumentasi melalui berbagai kajian, (3) Keterbukaan kerjasama dengan berbagai pihak, (4) Perluasan kampanye publik.

Dari semua pencapaian kerja organisasi INFID, tentu masih terdapat berbagai upaya penguatan yang masih harus ditingkatkan. Adapun upaya penguatan dimaksud, antara lain: keterlibatan anggota di daerah, keterlibatan generasi muda/millenial dalam isu SDGs/ Ketimpangan/HAM&Demokrasi serta pemantapan knowledge management di dalam organisasi INFID.

Akhir kata, atas nama Dewan Pengurus, kami mengucapkan terima kasih kepada anggota dan berbagai pihak lainnya, atas dukungan yang diberikan selama kami menjalankan kepengurusan INFID di periode 2014 – 2017. Semoga INFID dimasa depan dapat terus mempertahankan sebagai bagian penting organsiasi masyarkat sipil dalam melawan ketimpangan, memajukan perlindungan dan penegakan hak asasi manusia, serta pemantapan demokrasi.

Demikian pengantar laporan pertanggungjawaban ini disusun dan disampaikan. Terima kasih

Abetnego Tarigan

Ketua Dewan Pengurus