People Scorecard (PSC) SDGs CSO Indonesia


  • Thursday, 30 September 2021 10:00
  • Buku , Publikasi
  • Telah di baca 199x oleh pengunjung

“Persepsi Masyarakat Sipil Terhadap Pelaksanaan Agenda Pembangunan SDGs 2030”

Organisasi Masyarakat sipil (OMS) adalah aktor penting dalam Agenda 2030 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs). Peran penting OMS sebagai kelompok kunci untuk meningkatkan kesadaran dan pemantauan komitmen SDGs, sekaligus menyerukan akuntabilitasnya. OMS diharapkan semakin aktif dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan SDGs, dan terutama dalam meminta pertanggungjawaban pemimpin negara atas komitmen pembangunan yang telah mereka buat.

Untuk memastikan 17 Tujuan SDGs tercapai, ada kebutuhan kritis untuk melibatkan berbagai OMS dalam prosesnya, dan menemukan cara-cara inovatif untuk memungkinkan semua suara terdengar. People Score Card merupakan salah satu opsi inisiatif yang dibangun sebelumnya oleh Action for Sustainable Development (A4SD) dalam 'Civil Society Report' yang dilakukan secara paralel dengan proses Voluntary National Review.

Pendekatan People's Scorecard (PSC) telah dikembangkan secara kolaboratif untuk menyediakan kerangka kerja untuk analisis komparatif mekanisme keterlibatan dan kemajuan implementasi di tingkat nasional berdasarkan penilaian bersama yang dilakukan oleh OMS. Scorecard bertujuan untuk mengukur persepsi kolektif dan agregat dari proses implementasi SDG oleh koalisi masyarakat sipil nasional yang berpusat di seputar tindak lanjut, tinjauan, dan advokasi SDG.

Pada tahun 2021, A4SD telah memberikan dukungan kepada koalisi OMS nasional untuk melakukan penilaian kemajuan dan laporan sorotan berbasis kartu skor independen di 31 negara (terutama di wilayah Afrika, Asia, LAC, dan MENA).

Global People Score Card 2021 : https://action4sd.org/wp-content/uploads/2021/07/Peoples-Scorecard-Summary-Report_-VNR-Countries-2021.pdf Rekaman webinar peluncuran PSC/Kajian : https://www.youtube.com/watch?v=1YW0e1XbcFY PSC CSO 2021 di 31 Negara