Kerja Sama INFID dengan Robert Bosch Stiftung: Promosikan Toleransi di Kalangan Anak Muda



INFID – Menjaga toleransi, pluralisme, dan demokrasi adalah tugas bersama dan sebuah keharusan di negara yang majemuk seperti Indonesia. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu pekerjaan prioritas bagi International NGO Forum on Indonesian Development (INFID). Oleh karena itu, INFID secara aktif bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah dengan Yayasan Robert Bosch Stiftung (RBS).

Salah satu kerja sama INFID dengan RBS adalah melalui program Human Rights Cities Youth Fellowship. Program ini ditujukan untuk meningkatkan peran anak muda dalam mempromosikan toleransi beragama, pluralisme, dan demokrasi melalui kerangka Human Rights Cities atau Kabupaten/Kota Hak Asasi Manusia (HAM).

Kegiatan yang telah dilakukan INFID dalam hal ini termasuk melakukan pelatihan dan mentoring kepada 10 young fellows dari tiga kota di Indonesia yaitu Jakarta, Wonosobo, dan Bojonegoro. Para young fellows ini kemudian melakukan presentasi proyek “Promosi Toleransi dan Keanekaragaman” kepada para pembuat keputusan di tingkat lokal dan nasional melalui beberapa medium seperti talkshow, video, dan lain sebagainya.

Kegiatan pelatihan tersebut diharapkan mampu membangun jaringan anak muda yang aktif mempromosikan keragaman dan toleransi di masyarakat. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan para young fellows dalam merancang dan mempresentasikan proyek mereka sehingga mendapatkan dukungan dari para pembuat keputusan di tingkat daerah maupun nasional.