INFID Terus Berkomitmen dalam Pelaksanaan dan Pencapaian SDGs/TPB di Indonesia melalui Pendampingan kepada Daerah Kabupaten/Kota dengan Melibatkan OMS Daerah dan Multipihak


  • Monday, 11 April 2022 08:09
  • Artikel , Publikasi
  • Telah di baca 1053x oleh pengunjung

INFID dengan dukungan Ford Foundation dan bekerjasama dengan Direktor Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Polpum Kemendagri) sebagai pembina organisasi kemasyarakatan, menggelar acara Kick-Off program, “Memperkuat Kapasitas dan Ketahanan Lembaga CSO dalam Mendukung Pelaksanaan dan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang Multipihak” pada 01 April 2022 di Hotel Aryaduta Menteng Jakarta. Kick-Off Program ini bertujuan sebagai konsolidasi awal program, sekaligus menyamakan persepsi antara CSO daerah dan pemerintah daerah di wilayah lokasi program akan pentingnya kolaborasi multipihak untuk mendorong pelaksanaan SDGs di tingkat daerah.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Dirjen Polpum Kemendagri yaitu Dr.Imran selaku Sekretaris Dirjen Polpum Kemendagri, Ford Foundation oleh Alexander Irwan selaku Regional Director Ford Foundation, dan INFID oleh Sugeng Bahagijo selaku Direktur Eksekutif INFID. Kegiatan juga diikuti oleh mitra Ford Foundation di Jakarta, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota serta CSO daerah dari 10 wilayah program, yaitu Banda Aceh, Bengkulu, Cirebon, Yogyakarta, Kulon Progo, Semarang, Bojonegoro, Makassar, Maros dan Kupang.

Pertemuan Kick-Off program ini terbagi dalam dua sesi diskusi.

Sesi diskusi pertama dipandu oleh Ajeng Kesuma selaku fasilitator dan dua narasumber yaitu Bona Tua (Senior Program Officer SDGs - INFID) dan Prayogo Heri Cahyono (Subdit Pemberdayaan Ormas Ditjen Polpum Kemendagri) yang memaparkan tentang Kemitraan Program INFID dan Direktorat Ormas Kemendagri.

Pada sesi diskusi kedua, terdapat dua narasumber lain yaitu Yanuar Nugroho (Koordinator Tim Ahli Sekretariat Nasional SDGs) dan Khairani Arifin (SDGs Center Universitas Syiah Kuala) yang memaparkan tentang Tantangan dan Peluang CSO dalam Kemitraan dengan Pemerintah Daerah untuk Pelaksanaan dan Pencapaian SDGs. Para peserta berpartisipasi secara aktif dan memberikan tanggapan terkait fakta lapangan, kendala, harapan, potensi/rekomendasi tentang rencana tindak lanjut kemitraan yang multipihak untuk pelaksanaan dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di daerah.

INFID terus berkomitmen untuk mengawal proses pembelajaran bersama dan pendokumentasian praktik baik dilapangan tentang penguatan peran CSO dalam pelaksanaan dan pencapaian SDGs di daerah.