INFID Meluncurkan Panduan Pelibatan Anak Muda Dalam SDGs untuk Pemerintah Daerah


Dalam sisa waktu sembilan tahun pencapaian target SDGs di 2030, INFID berupaya mendorong percepatan SDGs melalui pelibatan anak muda dalam pencapaiannya. Mengapa anak muda? Karena mereka adalah penentu pembangunan masa depan, dan tentunya pengaruh anak muda sangat signifikan bagi Visi Indonesia 2045.

Panduan ini adalah bagian dari upaya INFID membangun basis pengetahuan dalam pelibatan kaum muda dalam SDGs di Indonesia. Pentingnya mekanisme panduan guna mendorong keterlibatan publik, khususnya anak muda. Panduan ini ditujukan bagi Pemerintah Daerah di Indonesia. Namun demikian panduan ini juga diharapkan dapat digunakan oleh semua pihak dalam melibatkan anak-anak muda dalam aksi SDGs. Di bab awal akan disajikan secara singkat mengenai buku panduan secara umum. Bab berikutnya menyajikan pengetahuan dasar tentang SDGs, kolaborasi, dan seluk-beluk mengenai keterlibatan anak muda.

Di dalam buku panduan ini ditampilkan bab khusus mengenai inspirasi kolaborasi yang pernah dilakukan di tingkat internasional maupun nasional. Bab khusus tentang inspirasi itu dilengkapi sekilas profil beberapa tokoh muda di tingkat internasional dan nasional yang membuat perubahan positif. Bab inspirasi ini ditujukan untuk memberikan gambaran bagi pengguna buku panduan, bahwa anak-anak muda di penjuru dunia, termasuk Indonesia, mulai menggerakan perubahan.

Di dalam buku ini ditampilkan tahapan membangun keterlibatan anak muda dalam aksi SDGs secara umum. Tahapan-tahapan tersebut diharapkan akan mempermudah pengguna dalam memulai melibatkan anak muda. Buku panduan ini diakhiri bab tentang pelibatkan anak muda dalam penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) SDGs. Penyusunan RAD adalah salah satu pintu masuk bagi anak muda untuk terlibat aktif dalam pencapaian SDGs di daerahnya masing-masing. Bukan sekedar terlibat, melalui RAD SDGs peluang kolaborasi antara anak muda dengan pihak lain juga terbuka lebar.

Terakhir, INFID sebagai pihak yang menginisiasi munculnya panduan ini sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku panduan ini. Kami berharap buku panduan ini menjadi langkah awal bagi munculnya produk-produk pengetahuan lain yang dapat mempercepat capaian SDGs Indonesia

Rekaman webinar peluncuran dan diseminasi panduan : https://www.youtube.com/watch?v=1YW0e1XbcFY

Karir Lainnya

ON THE MUI’S VIEW OF “TRYPSIN ORIGIN” IN THE ASTRAZENECA’S COVID-19 VACCINE
Halida P. Widyastuti (Lily) 25 March 2021
INFID Meluncurkan Panduan Pelibatan Anak Muda Dalam SDGs untuk Pemerintah Daerah
Admin Person 30 September 2021
Pemerintah Harus Siapkan Tunjangan Bagi Pekerja Terdampak Virus Corona
Suwarno Joyomenggolo 21 March 2020
Working Program INFID 2002
Suwarno Joyomenggolo 29 May 2003
Mengenal Persetujuan Paris
Suwarno Joyomenggolo 29 July 2021
Modul Pelatihan, Panduan Pelatihan Bisnis dan HAM -
Suwarno Joyomenggolo 06 July 2016